++ ALGORITMA & PEMROGRAMAN ++
Contoh aturan penamaan variabel :
1. Benar :
- gaji
- totalpendapatan
- nama$
- alamat$
2. Salah :
- 1gaji ( di awal terdapat angka )
- total-pendapatan ( ada minus )
- nama mahasiswa ( ada spasi )
- alamat-2 ( ada minus )
C. KONSTANTA
( Nilai tetap / tidak bisa dirubah )
Konstanta :
- Sebutan bagi lokasi memori yang digunakan untuk menyimpan data.
- Hanya bisa menyimpan sebuah data dengan tipe data tertentu.
- Penyimpanan data hanya bisa dilakukan di awal proses.
- Selama proses berlangsung, isi konstanta tidak boleh dirubah.
Aturan penamaan konstanta :
- Diawali dengan huruf kecil, kata berikut diawali dengan huruf capital.
- Tidak boleh mengandung spasi / simbol khusus, seperti: “ { , [ ] , - , = , ?. .. “.
- Lebih dari 1 kata harus ditulis dengan rapat atau gunakan underscore “ _ “.
- Variabel string maupun karakter diakhiri dengan karakter “ $ “ .
D. OPERATOR
Operator adalah karakter khusus yang digunakan untuk melakukan proses tertentu
yang memerlukan data untuk diproses yang disebut Operand.
Yang bersifat :
- Unary : membutuhkan 1 nilai
(Menambahkan 1 Operand ) misalnya : X ++ ( Increment )
- Binary : membutuhkan 2 nilai
( Membutuhkan 2 Operand ) Misalnya : X + Y = 0
Jenis-jenis operator :
1. Operator Matematik
Digunakan untuk melakukan proses matematik.
Misalnya :
= : Pemberian nilai
+ : Penjumlahan
- : Pengurangan
* : Perkalian
/ : Pembagian
% : Modulus ( Sisa bagi )
2. Operator Relasi
== : Persamaan
# : Pertidaksamaan
> : Lebih dari
> : Lebih dari atau sama dengan
< : Kurang dari
< : Kurang dari atau sama dengan
( Pembacaan diawal dengan kata " Apakah " dan hasil proses bernilai benar atau salah )
3. Operator Logika
Digunakan untuk memproses logika
And : Logika " dan "
OR : Logika " atau "
( Hasil proses akan bernilai salah satu yaitu benar atau salah )
Kondisi salah = 0
Kondisi benar = 1
E. EKSPRESI
Ekspresi :
1. Ekspresi Matematik
Ekspresi ini diselesaikan dengan urutan sebagai berikut :
- ( (3*4)-5 )+( 2/5 )
- ( 12-5 ) + ( 2/25 )
- 7 + 0.08
- 7.08
( Jika ingin urutan penyelesaian sesuai dengan keinginan kita, maka gunakan tanda kurung "( )" )
2. Ekspresi Relasional
- 10 == 3 : Apakah 10 sama dengan 3 ?
- 10 # 3 : Apakah 10 tidak sama dengan 3 ?
- 10 > 3 : Apakah 10 lebih dari 3 ?
- 10 > 3 : Apakah 10 lebih dari atau sama dengan 3 ?
- 10 < 3 : Apakah 10 kurang dari 3 ?
- 10 < 3 : Apakah 10 kurang dari atau sama dengan 3 ?
3. Ekspresi Logika
- cuaca_cerah and jalanan_ramai
- ada angkutan or ada_tumpangan
4. Ekspresi Gabungan
( x + y > z ) AND ( A * B < C )
Urutan proses
- " X + Y " dihitung terlebih dahulu.
- Hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan "Z".
- " A * B " dihitung terlebih dahulu.
- Hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan "C".
- Hasil perbandingan langkah 2 dan 4 dikombinasikan dengan operator AND.
Contoh aturan penamaan variabel :
1. Benar :
- gaji
- totalpendapatan
- nama$
- alamat$
2. Salah :
- 1gaji ( di awal terdapat angka )
- total-pendapatan ( ada minus )
- nama mahasiswa ( ada spasi )
- alamat-2 ( ada minus )
C. KONSTANTA
( Nilai tetap / tidak bisa dirubah )
Konstanta :
- Sebutan bagi lokasi memori yang digunakan untuk menyimpan data.
- Hanya bisa menyimpan sebuah data dengan tipe data tertentu.
- Penyimpanan data hanya bisa dilakukan di awal proses.
- Selama proses berlangsung, isi konstanta tidak boleh dirubah.
Aturan penamaan konstanta :
- Diawali dengan huruf kecil, kata berikut diawali dengan huruf capital.
- Tidak boleh mengandung spasi / simbol khusus, seperti: “ { , [ ] , - , = , ?. .. “.
- Lebih dari 1 kata harus ditulis dengan rapat atau gunakan underscore “ _ “.
- Variabel string maupun karakter diakhiri dengan karakter “ $ “ .
D. OPERATOR
Operator adalah karakter khusus yang digunakan untuk melakukan proses tertentu
yang memerlukan data untuk diproses yang disebut Operand.
Yang bersifat :
- Unary : membutuhkan 1 nilai
(Menambahkan 1 Operand ) misalnya : X ++ ( Increment )
- Binary : membutuhkan 2 nilai
( Membutuhkan 2 Operand ) Misalnya : X + Y = 0
Jenis-jenis operator :
1. Operator Matematik
Digunakan untuk melakukan proses matematik.
Misalnya :
= : Pemberian nilai
+ : Penjumlahan
- : Pengurangan
* : Perkalian
/ : Pembagian
% : Modulus ( Sisa bagi )
2. Operator Relasi
== : Persamaan
# : Pertidaksamaan
> : Lebih dari
> : Lebih dari atau sama dengan
< : Kurang dari
< : Kurang dari atau sama dengan
( Pembacaan diawal dengan kata " Apakah " dan hasil proses bernilai benar atau salah )
3. Operator Logika
Digunakan untuk memproses logika
And : Logika " dan "
OR : Logika " atau "
( Hasil proses akan bernilai salah satu yaitu benar atau salah )
Kondisi salah = 0
Kondisi benar = 1
E. EKSPRESI
Ekspresi :
1. Ekspresi Matematik
Ekspresi ini diselesaikan dengan urutan sebagai berikut :
- ( (3*4)-5 )+( 2/5 )
- ( 12-5 ) + ( 2/25 )
- 7 + 0.08
- 7.08
( Jika ingin urutan penyelesaian sesuai dengan keinginan kita, maka gunakan tanda kurung "( )" )
2. Ekspresi Relasional
- 10 == 3 : Apakah 10 sama dengan 3 ?
- 10 # 3 : Apakah 10 tidak sama dengan 3 ?
- 10 > 3 : Apakah 10 lebih dari 3 ?
- 10 > 3 : Apakah 10 lebih dari atau sama dengan 3 ?
- 10 < 3 : Apakah 10 kurang dari 3 ?
- 10 < 3 : Apakah 10 kurang dari atau sama dengan 3 ?
3. Ekspresi Logika
- cuaca_cerah and jalanan_ramai
- ada angkutan or ada_tumpangan
4. Ekspresi Gabungan
( x + y > z ) AND ( A * B < C )
Urutan proses
- " X + Y " dihitung terlebih dahulu.
- Hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan "Z".
- " A * B " dihitung terlebih dahulu.
- Hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan "C".
- Hasil perbandingan langkah 2 dan 4 dikombinasikan dengan operator AND.
0 comments:
Post a Comment