Friday, September 30, 2011

ALGORITMA & PEMROGRAMAN 3

++ ALGORITMA & PEMROGRAMAN ++

Contoh aturan penamaan variabel :

     1. Benar :

    - gaji
    - totalpendapatan
    - nama$
    - alamat$

     2. Salah :

    - 1gaji                      ( di awal terdapat angka )
    - total-pendapatan    ( ada minus )
    - nama mahasiswa    ( ada spasi )
    - alamat-2                ( ada minus )

C. KONSTANTA
   ( Nilai tetap / tidak bisa dirubah )

Konstanta : 

    - Sebutan bagi lokasi memori yang digunakan untuk menyimpan data.
    - Hanya bisa menyimpan sebuah data dengan tipe data tertentu.
    - Penyimpanan data hanya bisa dilakukan di awal proses.
    - Selama proses berlangsung, isi konstanta tidak boleh dirubah.

Aturan penamaan konstanta :

    - Diawali dengan huruf kecil, kata berikut diawali dengan huruf capital.
    - Tidak boleh mengandung spasi / simbol khusus, seperti: “ { , [ ] , - , = , ?. .. “.
    - Lebih dari 1 kata harus ditulis dengan rapat atau gunakan underscore “ _ “.
    - Variabel string maupun karakter diakhiri dengan karakter “ $ “ .

D. OPERATOR

       Operator adalah karakter khusus yang digunakan untuk melakukan proses tertentu
yang memerlukan data untuk diproses yang disebut Operand.
Yang bersifat :
- Unary  : membutuhkan 1 nilai
  (Menambahkan 1 Operand ) misalnya : X ++ ( Increment )
- Binary : membutuhkan 2 nilai
  ( Membutuhkan 2 Operand ) Misalnya : X + Y = 0

Jenis-jenis operator :

1. Operator Matematik

    Digunakan untuk melakukan proses matematik.

   Misalnya :
   =   : Pemberian nilai
   +   : Penjumlahan
   -    : Pengurangan
   *   : Perkalian
   /    : Pembagian
   %   : Modulus ( Sisa bagi )

2. Operator Relasi

   ==  : Persamaan
   #    : Pertidaksamaan
   >    : Lebih dari
   >    : Lebih dari atau sama dengan
   <    : Kurang dari
   <    : Kurang dari atau sama dengan

( Pembacaan diawal dengan kata " Apakah " dan hasil proses bernilai benar atau salah )

3. Operator Logika

    Digunakan untuk memproses logika

    And : Logika " dan "
    OR  : Logika " atau " 


( Hasil proses akan bernilai salah satu yaitu benar atau salah )


                                          







Kondisi salah = 0
Kondisi benar = 1


E. EKSPRESI





Ekspresi :

1. Ekspresi Matematik

Ekspresi ini diselesaikan dengan urutan sebagai berikut :

    - ( (3*4)-5 )+( 2/5 )
    - ( 12-5 ) + ( 2/25 )
    - 7 + 0.08
    - 7.08

( Jika ingin urutan penyelesaian sesuai dengan keinginan kita, maka gunakan tanda kurung "( )" )

2. Ekspresi Relasional

    - 10 == 3 : Apakah 10 sama dengan 3 ?
    - 10 # 3  : Apakah 10 tidak sama dengan 3 ?
    - 10 > 3  : Apakah 10 lebih dari 3 ?
    - 10 > 3  : Apakah 10 lebih dari atau sama dengan 3 ?
    - 10 < 3  : Apakah 10 kurang dari 3 ?
    - 10 < 3  : Apakah 10 kurang dari atau sama dengan 3 ?

3. Ekspresi Logika

    - cuaca_cerah and jalanan_ramai
    - ada angkutan or ada_tumpangan

4. Ekspresi Gabungan

     ( x + y > z ) AND ( A * B < C )

    Urutan proses
    - " X + Y " dihitung terlebih dahulu.
    - Hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan "Z".
    - " A * B " dihitung terlebih dahulu.
    - Hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan "C".
    - Hasil perbandingan langkah 2 dan 4 dikombinasikan dengan operator AND.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management