Friday, September 30, 2011

ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1

++ ALGORITMA & PEMROGRAMAN  ++

###  DESKRIPSI  ###

            Dasar - dasar pembuatan algoritma dengan menggunakan Flowchart dan Pseudocode serta cara analisa dan menyelesaikan sebuah permasalahan pemrograman

Dalam algoritma dan pemrograman terdiri dari 4 hal penting yaitu :

1. ALGORITMA
Adalah susunan langkah - langkah untuk menyelesaikan persoalan secara logis, efisien dan terstruktur.
            Logis                : Langkah - langkah benar
            Efisien              : Setiap langkah langsung ketujuan
            Terstruktur       : Langkah langkah tersebut terstruktur urut secara logis dan efisien

2. FLOWCHART
Adalah penggambaran algoritma menggunakan simbol - simbol khusus yang direpresentasi secara diagram yg   mengilustrasikan urutan dari operasi yang dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil. Dengan kata lain, flowchart membantu kita untuk mengerti dan melihat bentuk algoritma dengan menampilkan algoritma dalam simbol-simbol gambar.

3. PSEUDOCODE         
Adalah penulisan algoritma menggunakan kata - kata yang menyerupai bahasa pemrograman komputer agar dapat dengan mudah dimengerti oleh manusia

4. PEMROGRAMAN
Adalah kegiatan pembuatan program untuk menyelesaikan persoalan tertentu

###  PENGOLAHAN DATA  ###

                INPUT  => PROSES  =>  OUTPUT

###  PROGRAM KOMPUTER  ###

Program komputer mempunyai ruang lingkup :

1. PROGRAM
         Kumpulan suatu instruksi yang disusun sedemikian rupa agar melakukan suatu tindakan tertentu.

2. PEMROGRAMAN
         Kegiatan pembuatan program komputer untuk  menyelesaikan persoalan tertentu.

3. INTERPRETER
         Metode penerjemahan secara baris demi baris untuk kemudian dikerjakan untuk komputer.Kesalahan yang terdapat daam suatu kode pemrograman menyebabkan proses proses terhenti ditengah jalan.

4. COMPILER
         Metode penerjemahan kode program secara keseluruhan sebelum dikerjakan komputer. Seluruh kode program sudah dipastikan dalam kondisi benar sebelum dijalankan.

5. BAHASA PEMROGRAMAN
                      Perangkat lunak khusus yang digunakan untuk membuat program komputer.

Sejarah dan perkembangan komputer :
http://www.levenez.com/lang/history.html#1

6. METODE PEMROGRAMAN

Teknik pembuatan program :

            * Linier  → Spaghetti style,GOTO.
            * Modularity → Procedural
            * Structured
            * Object Oriented  → Object based


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management