++ ALGORITMA & PEMROGRAMAN ++
### DESKRIPSI ###
### DESKRIPSI ###
Dasar - dasar pembuatan algoritma dengan menggunakan Flowchart dan Pseudocode serta cara analisa dan menyelesaikan sebuah permasalahan pemrograman
Dalam algoritma dan pemrograman terdiri dari 4 hal penting yaitu :
1. ALGORITMA
Adalah susunan langkah - langkah untuk menyelesaikan persoalan secara logis, efisien dan terstruktur.
Logis : Langkah - langkah benar
Efisien : Setiap langkah langsung ketujuan
Terstruktur : Langkah langkah tersebut terstruktur urut secara logis dan efisien
2. FLOWCHART
Adalah penggambaran algoritma menggunakan simbol - simbol khusus yang direpresentasi secara diagram yg mengilustrasikan urutan dari operasi yang dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil. Dengan kata lain, flowchart membantu kita untuk mengerti dan melihat bentuk algoritma dengan menampilkan algoritma dalam simbol-simbol gambar.
3. PSEUDOCODE
Adalah penulisan algoritma menggunakan kata - kata yang menyerupai bahasa pemrograman komputer agar dapat dengan mudah dimengerti oleh manusia
4. PEMROGRAMAN
Adalah kegiatan pembuatan program untuk menyelesaikan persoalan tertentu
### PENGOLAHAN DATA ###
INPUT => PROSES => OUTPUT
### PROGRAM KOMPUTER ###
Program komputer mempunyai ruang lingkup :
1. PROGRAM
Kumpulan suatu instruksi yang disusun sedemikian rupa agar melakukan suatu tindakan tertentu.
2. PEMROGRAMAN
Kegiatan pembuatan program komputer untuk menyelesaikan persoalan tertentu.
3. INTERPRETER
Metode penerjemahan secara baris demi baris untuk kemudian dikerjakan untuk komputer.Kesalahan yang terdapat daam suatu kode pemrograman menyebabkan proses proses terhenti ditengah jalan.
4. COMPILER
Metode penerjemahan kode program secara keseluruhan sebelum dikerjakan komputer. Seluruh kode program sudah dipastikan dalam kondisi benar sebelum dijalankan.
5. BAHASA PEMROGRAMAN
Perangkat lunak khusus yang digunakan untuk membuat program komputer.
Sejarah dan perkembangan komputer :
http://www.levenez.com/lang/history.html#1
6. METODE PEMROGRAMAN
Teknik pembuatan program :
* Linier → Spaghetti style,GOTO.
* Modularity → Procedural
* Structured
* Object Oriented → Object based
0 comments:
Post a Comment